Pages

Rabu, 29 Juli 2015

Tips Memanfaatkan Bisnis Kita Melalui Instagram

Instagram pada awalnya hanya diciptakan sebagai sosial media untuk mengupload foto atau video dari smartphone.Sampai saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang tengah digandrungi banyak orang. bahkan banyak postingan atau video yang menarik yang diunggah oleh banyak orang di Instragam. Salah satu yang paling menyenangkan adalah ketika banyak respons baik berupa like atau komentar dari para pengguna Instagram lainnya yang mungkin tidak kita kenal.

Bagi para pebisnis, kemudahan fitur yang diberikan oleh Instagram ini menjadi tempat untuk memasarkan produk yang murah dan efisien. Meski Instagram ads belum hadir di Indonesia, tapi Instagram adalah salah satu tempat sosial media yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Banyak online shop yang bisa kita temui di Instagram dengan berbagai jenis mulai dari fashion, jasa, hingga kuliner. Nah, bagi kamu yang merupakan pebisnis dan ingin mulai memanfaatkan Instagram untuk bisnis kamu, berikut ini tips strategi bermarketing di Instagram.

    Unggah foto terbaik


Jika mengambil foto produk dengan menggunakan handphone, sebaiknya pastikan bahwa handphone yang digunakan memiliki kualitas kamera yang bagus. Selain itu, kita harus lebih selektif dalam memilih gambar yang akan di upload ke Instagram. Semakin baik foto produk yang kita unggah, akan semakin banyak menarik perhatian pengguna Instagram lainnya.


    Jangan terlalu banyak effek

Berhati-hatilah saat menggunakan fitur edit gambar sebelum mengupload gambar produk yang kita foto. Kita perlu mempertimbangkan pula kondisi barang yang akan kita jual, agar barang yang sudah sampai di tangan konsumen tidak terlalu berbeda dengan gambar yang ada di dalam foto dan menhindari kekecewaan custer yang terjadi


    Follow sebanyak-banyaknya

Banyak orang yang enggan untuk memfollow terlebih dahulu. Namun ketika berbicara mengenai pemasaran di sosial media pada umumnya, jangan pernah sungkan untuk memfollow terlebih dahulu. mereka pun akan mencari tau terlebih dahulu tentang kita dari postingan-postingan yang kita buat sebelum memfollow balik akun Instagram kita.


     Gunakan nama akun yang mudah diingat

Nama akun yang kita gunakan untuk berbisnis di sosial media seperti di Instagram bisa menjadi salah satu penentu juga dalam perjalanan bisnis di Instagram. Karena bagaimanapun, nama yang menarik dan mudah diingat adalah nama yang akan dicari calon pembeli ketika mereka tertarik dengan produk kita.


    Tunjukkan bagaimana cara pembuatan

Mengupload foto dan video mengenai proses pembuatan suatu produk seperti produk handycraft, kuliner, dan sebagainya akan lebih banyak menarik perhatian para pengguna Instagram lainnya. Tak perlu mengupload semua proses pembuatannya, cukup perlihatkan proses initinya sehingga memberi rasa penasaran juga bagi yang melihat.


    Tunjukkan kegunaan produk

Apa yang pembeli inginkan adalah apa yang mereka butuhkan. Sehingga sangat perlu untuk kita menunjukkan gambar dan deskripsi dari kegunaan sebuah produk yang kita jual. Hal tersebut tentu saja akan sangat berguna bagi pembeli yang tidak tahu mengenai kegunaan produk yang kita jual.


    Tunjukkan foto toko offline kamu

Kalau kamu memiliki toko offline, sebaiknya perlu kamu tunjukkan juga foto toko offline kamu. Tidak perlu menunjukkan foto keseluruhan bagian toko kamu, cukup foto bagian depan, dan jika ada nama jalan toko offline kamu berada. Dengan menampilkan foto toko offline tersebut akan menambah tingkat kepercayaan konsumen baha kita memiliki tempat yang bisa langsung di kunjungi apabila terjadi sesuatu pada saat transaksi.


    Perlihatkan foto event

Dalam berbisnis, pasti akan ada saatnya dimana kita mengikuti event-event yang rutin dilakukan seperti pameran, sponsorship, kegiatan kemanuasiaan dan sebagainya. Dengan memperlihatkan foto event, secara tidak langsung kita telah mengenalkan apa saja kegiatan yang kita punya selain berjualan.


    Berikan foto behind the scene

Iklan merupakan suatu hal yang penting bagi usaha. Ketika kita membuat iklan meskipun tidak berskala besar. Namun perlu rasanya kita menunjukkan juga bagaimana proses iklan tersebut dibuat. Berikan followers atau pelanggan Anda kesan seolah olah mereka memiliki akses backstage dari pembuatan iklan Anda.


    Berikan sedikit hiburan

Perlu kita ketahui, jika tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton. Kita juga bisa memberikan sedikit hiburan, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Namun tidak mengurangi kapasitas foto produk yang ingin kita jual. Dan bagi para followers juga tidak akan menolak jika kita mengunggah foto – foto lucu.


Nah guys, itulah tips bagaimana kita bisa memanfaatkan Instagram sebagai sosial media yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis di dunia. Semoga tipstersebut di atas bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin memanfaatkan Instagram sebagai alat untuk memasarkan roduk usaha kamu.

0 komentar:

Posting Komentar