Pages

Jumat, 31 Juli 2015

Fitur Hashtag dan Perannya Dalam Memaksimalkan Marketing Online Kita

 
Fitur Hashtag atau Tanda Pagar (Tagar #) merupakan sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan oleh Twitter dalam media online. Dengan lambang Tanda Pagar (#), hashtag berfungsi sebagai penanda untuk mengelompokkan sebuah tema atau topik tertentu yang sering di bicarakan.

Dengan menggunakan tanda hastag, kita akan mendapat kemudahan untuk menemukan suatu topik bahasan khusus. Sebagai salah satu contoh ketika kita ingin mencari pembahasan mengenai kuliner indonesia, kita bisa menuliskan #Indonesianfood di kolom pencarian Twitter, dan kita akan menemukan berbagai pembahasan yang khusus membahas makanan indonesia saja.

Namun pada kenyataannya sekarang, masih banyak yang belum mengerti dalam penggunaan hastag tersebut. masih banyak yang belum tau potensi yang tersimpan dalam fitur tersebut. bahkan ketika Facebook juga mengadopsi fitur Hashtag seperti di Twiiter, banyak yang menggunakannya untuk menandai kata-kata yang aneh dan konyol.

Selain bisa digunakan untuk mempermudah mencari topik bahasan tertentu nantinya. Fitur hastag juga biasa digunakan untuk memaksimalkan marketing online di sosial media. Seperti yang di lansir dari Maxmanroe.com, yang memberikan pembahasan bagaimana memanfaatkan fitur hastag sebagai media marketing.

Fungsi Pengelompokkan Hashtag / Tagar

Untuk bisa memanfaatkan fitur Hashtag secara maksimal, kita perlu berpijak pada fungsi awal hashtag itu sendiri. Fungsi hashtag pada awalnya dikembangkan oleh pendiriTwitter sebagai pembatas, pengelompok ataupun pemisah antar satu tema bahasan atau topik yang sedang kita bicarakan.

Bagi para online marketer, dengan fungsi awla hastag tersebut, kita seharusnya menyadari dengan hashtag kita bisa melakukan lebih. Dengan menggunkan hashtag, kita bisa mengelompokkan sebuah topik tertentu dari konten yang kita posting berdasarkan tujuannya, seperti jenis produk yang kita pasarkan, diskon yang kita tawarkan, barang baru, program yang kita tawarkan atau bahkan kontes online. Untuk mempermudah kita bisa memberik hashtag pada akhir tweet seperti #(jenis produk yang kamu pasarkan), #promo, #diskon, dan hashtag lainnya.  Sehingga para pembaca tau maksud konten hanya dalam sekali baca.

Lebih lanjut, kita bisa mengembangkan funsi hashtag dengan mengkombinasikan beberapa hashtag ke dalm satu posting. Fungsinya dengan memberikan beberap hashtag dalam satu konten, maka akan membuka kesempatan para pembaca untuk mendapatkan beberapa info dalam satu waktu.

Fungsi Personal Branding Hashtag
Fungsi Hashtag yang kedua adalah sebagai media personal branding. Dengan sedikit kreatifitas melihat tren yang ada, kita bisa memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Seperti halnya yang bisa kita lihat dari fenomena trending topic di twitter.

Dengan memanfaatkan hashtag benar-benar sesuai dengan fungsinya, kita bisa membuat sebuah tema menjadi viral dan menyebar dengan secara cepat hanya dalam beberapa detik saja. Hashtag bisa menjadi sebuah branding dari seseorang, seuatu, dan sebuah kejadian yang terus menerus dibahas secara dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk strategi marketing online. Salah satu caranya adalah dengan teknik mengekor. Teknik ini sebenarnya sudah banyak dipakai namun masih belum maksimal. Contohnya kita bisa memasukkan hashtag yang mencantumkan brand usaha yang diramu dengan sebuah topik populer. Misalnya, ketika kita sedang menjalani usaha produk jersey club bola dunia, kita bisa menyisihkan hashtag mengenai topik bola yang sedang populer, misalnya #UCL atau yang mempunyai kepanjangan UFA Champion League. Dengan demikian produk yang kita promosikan memiliki kesempatan yang besar untuk dilirik oleh banyak pengguna sosial media.

Namun yang perlu kita perhatikan dan waspadai adalah jangan sekali-kali kita memberikan informasi yang tidak sesuai dan tidak berkaitan dengan hashtag yang kita gunakan. Bila kita bisa menggunakan fitur hashtag dengan tetap bijak dan tepat, maka para pelanggan pun akan lebih menghargai semua usaha kita. Memiliki usaha dengan memberikan semua informasi secara jujur namun tetap menarik adalah sebuah jalan yang akan membawa usaha kita menjadi lebih sukses di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar